Banjir di Desa Napal Mulai Surut, Warga Diminta Tetap Waspada Terhadap Banjir Susulan - DESA NAPAL

Memasuki hari kesembilan, banjir di Desa Napal, Kecamatan Lawang Wetan, Kabupaten Musi Banyuasin telah berangsur surut. Saat ini banjir menyisakan ketinggian 1 meter yang terdeteksi di Dusun I dan Dusun II Desa Napal.

Berdasarkan pantauan di lapangan, ketinggian banjir yang merendam pemukiman padat penduduk di Desa Napal Dalam secara umum sudah mulai berangsur surut. Dari yang semula ketinggian banjir sempat mencapai 2 meter lebih , kini menurun setinggi 1 Meter.

Kepala Desa Napal, Abdan Syakuro mengatakan banjir yang masih merendam Desa Napal, memang disebabkan akibat tingginya intensitas hujan yang terjadi sepekan, mengakibatkan Sungai Musi meluap. Akibat luapan tersebut, ratusan rumah warga di Dusun I dan Dusun II di Desa Napal Terendam oleh banjir, ketinggian air yang merendam rumah warga terpantau bervariasi, dari 1 Meter hingga lebih dari 2 meter dan menyebabkan aktivitas di 2 Dusun tersebut lumpuh.

"Kondisi mutakhir saat ini, banjir mulai surut, namun potensi hujan masih dapat terjadi di Kabupaten Musi Banyuasin hingga esok hari, sebagaimana informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)." jelasnya.

 

Adanya kejadian banjir di wilayah Desa Napal Kecamatan Lawang Wetan, Banyak Bangunan dan infrastruktur serta lahan petani yang hancur akibat bencana ini. Kerusakan meliputi Rumah, Masjid, Sekolah, Perkantoran, Jalan Desa, lahan petani dan sebagainya. diperkirakan kerugian dan kerusakan Dampak Bencana Banjir  yang dialami warga Desa Napal mencapai ratusan juta. Harapan Warga  Desa Napal, bencana banjir ini segera surut dan tidak ada banjir susulan sehingga warga bisa beraktifitas lagi.

Sebagai antisipasi adanya banjir susulan yang dapat dipicu oleh faktor cuaca ekstrem, Pemerintah Desa Napal menghimbau kepada Warga untuk melakukan upaya  kesiapsiagaan terhadap banjir susulan nanti.

#Napal #Ariyos #DesaNapal #LawangWetan #Muba #MusiBanyuasin